info

Portal Karir SMK Pertama di Indonesia

2 years ago

Dilihat 582 kali

SMKN 3 Yogyakarta (SKAGATA) meluncurkan Portal Karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 3 Yogyakarta pada Rabu (1/8/2018) Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com denga

Menginjak usia ke-53, SMK N 3 Yogyakarta (Skagata) sebagai satu di antara sekolah menengah tertua di DIY meluncurkan inovasi baru berbasis teknologi informasi.

Inovasi ini berupa portal Skagata Career Center yang dapat diakses di www.bursakerjasmk.sch.id

Portal ini merupakan yang pertama di Indonesia yang menghubungkan antara Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK, perusahaan dan lulusan SMK pencari kerja.

Kepala Sekolah SMK N 3 Yk, Bujang Sabri mengatakan, dengan portal ini, maka pihaknya bisa mematahkan image di masyarakat yang mengatakan pengangguran terbesar berasal dari lulusan SMK.

"Dengan Skagata Career Center maka lulusan SMK dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya. Portal ini tak hanya bisa diakses oleh alumni, tapi bisa diakses masyarakat umum di DIY dan luar DIY," terangnya pada Tribunjogja.com, saat peluncuran Skagata Career Center, Rabu (1/8/2018).

Melalui portal ini, dunia industri bisa memberikan semua jenis informasi lowongan pekerjaan.

Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta, Faiz Mudhokhi mengatakan, inovasi ini muncul karena keresahan pengurus BKK dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data para kandidat pencari kerja.

Melalui portal ini semua ketidakefektifan dalam proses melamar kerja dapat diminimalisir.

"Dengan adanya portal karir iini, para pelamar kerja dapat melamar kerja di mana saja tanpa harus datang ke kantor BKK. Cukup dengan membuat akun dan mengisi data CV dengan lengkap serta menggunggah dokumen lamaran," jelasnya.

Setiap pelamar kerja dapat melamar kerja pada lowongan yang tersedia dengan cukup satu kali klik tombol "Lamar Kerja".

Perusahaan pun dapat secara otomatis mendapatkan data CV pelamar sekaligus emlakukan seleksi online dan melakukan pemanggilan tes.

Pencari kerja juga bisa secara realtime mendapatkan informasi perkembangan lamaranya.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, Ngatini mengatakan layanan yang telah dikembangkan SMK N 3 Yogyakarta ini adalah solusi siswa dalam mencari kerja.

Namun demikian, ia menilai perlu adanya sosialisasi lebih lanjut untuk menjaring lulusan SMK yang belum mendapat pekerjaan. Hal lain yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi di sekolah sehingga lulusan SMK bisa dipercaya dan dapat digunakan di dunia kerja.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans DIY, Elly Suprianti mengungkapkan, inovasi yang dikembangkan ini membantu pihaknya dalam mendorong penempatan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran.

Dari data yang dimilikinya, terdapat 64 ribuan orang yang menggangur di DIY.

Dengan jumlah ini menandakan pertumbuhan kesempatan kerja tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja.

"Saat ini kita memasuki zaman yang maju dan masuk revolusi industri 4.0. jadi kita harus mempersiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan kondisi saat ini. Kini perushaan tidak lagi butuh tenaga kerja yang padat karya, tapi kemampuan otak. Akhirnya banyak yang menganggur karena banyak perusahaan yang gulung tikar karena tergerus revolusi industri," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi dengan diluncurkan website ini yang bisa memberikan informasi baik kepada alumni, pencari kerja maupun perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja.(*)


Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul SMK N 3 Yogyakarta Luncurkan Portal Karir, http://jogja.tribunnews.com/2018/08/01/smk-n-3-yogyakarta-luncurkan-portal-karir?page=2.
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti